Sejarah dan hal-hal yang menarik dari Ujung gading

images

SEJARAH UJUNG GADING

Nagari Ujung Gading penduduknya berasal dari daerah Tapanuli Selatan yang ber imigran ke daerah Sumbar tepatnya di daerah Kabupaten Pasaman barat kec. Lembah Malintang. Pada mulanya mereka tinggal arah selatan didaerah Koto Rajo dan kemudian pindah ke nagari Ujung Gading. Pada zaman dahulu kala didaerah ujung gading tersebut banyak Gajah. setelah dibukanya perkampunga dinegeri Ujung Gading, gajah-gajah tersebut dipindakan kedaerah Jambi. Dan ada satu Ekor Gajah yang sudah tua yang tidak bisa pindah dierah anak aie Lado. Setelah beberapa saat berlalu Gajah tersebut ditemukan telah mati dan didapati Gadingnya. Dari penemuan Gading gajah tersebutlah asal muasal Nagarti Ujung gading tersebut.

Hal-hal mengenai Ujunggading:

  Ujung Gading adalah sebuah nagari di Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Propinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari ini lebih luas dan padat penduduknya daripada nagari Simpang Empat ibukota kabupaten Pasaman Barat, .Sumber utama penghasilan masyarakatnya adalah bertani.Hasil pertaniannya meliputi kelapa sawit,jagung,karet dan kakao. Bahasa sehari hari masyarakat ujung gading adalah mandailing dan melayu.Letak geografis wilayah kabupaten Pasaman Barat yang berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Utara diyakini sebagai pemicu beragamnya bahasa serta adat budaya di wilayah Pasaman Barat.Masyarakat Pasaman Barat yang umumnya bersuku mandailing dalam praktek adat keseharian justru mengadopsi adat minang.

  Ujung Gading juga sebuah nagari yang disegani di Sumatera Barat karena masyarakatnya di yakini memiliki kekuatan mistik dan banyak yang mempunyai kekuatan gaib. Uniknya kalau orang ujung gading ke kota Padang atau keluar ujung gading mereka cukup mengatakan “Aku orang pasaman” maka orang akan segan dan takut ( takut dimistik ) hahaha *jadi bisa merasa sok berani di kampung orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s