Dugaan Korupsi Bupati Pasaman Barat Di-KPK-kan

baharKPK didesak masyarakat Sumatera Barat yang tergabung dalam Forum Rakyat Sumbar Anti Korupsi Pejabat Daerah memanggil dan memeriksa Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R.MM. Baharuddin diduga kerap melakukan tindak pidana korupsi sejak dilantik pada tahun 2010 silam.

“Setidaknya ada 7 bukti yang kami catat mengenai keterlibatan Bupati dalam praktek tindak pidana korupsi,” ucap  Ketua Forum Rakyat Sumbar Anti Korupsi Pejabat Daerah, Irwan saat melaporkan dugaan tindak pidana korupsi Baharuddin di KPK, Jakarta, Senin (12/08/2012).

Menurut Iwan, Baharuddin sendiri diduga telah mengambil dana pengurusan PT GMP senilai 1 milyar dengan mengeluarkan Surat Bupati Pasaman Barat No. 180/855/Hukum tertanggal 22 November 2011. Kemudian, berdasarkan Surat Bupati No 600/318/PU-2011, Baharuddin melakukan penunjukkan langsung dalam proyek pembangunan Trotoar jalan Simpang Ampek, Kantor Kejari, dan Pembangunan Landscape Kantor Bupati Tahun Anggaran 2011.

Irwan mensinyalir jika Baharuddin menyelewengkan dana penanggulangan bencana alam tahun 2011, dan dalam proyek pengadaan 250 unit komputer dengan kerugian negara sebesar 1, 598 miliar.

“Dari 13 pengaduan kita hari ini, kita lengkapi, yang pertama terkait dengan dana boss. Yang kedua dana bantuan hibah bansos, jd terkait dengan pengadaan komputer. Sebanyak 250 unit. Dan yang ketiga terkait dengan pembangunan jalan. Yang kemudian selanjutnya terkait dengan penunjukkan langsung anggaran 1,2 miliar. seharusnya itu tidak boleh,” kata Irwan.

Irwan dan perwakilan dari perserta demo lainnya menyerahkan dokumen sebanyak tiga bundel, yang dibungkus rapi dengan kertas warna coklat. Sementara, masa yang lain melakukan aksi treatrikal.

Salah satu peserta demo memakai topeng kepala gorila sebagai perumpamaan Baharuddin, yang kedua tangannya diikat dengan tali rapia warna kuning dengan peserta demo lain yang berperan sebagai rakyat.

Sumber:centroone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s